A Little Sketch about Love I


      Beberapa waktu yang lalu gue sempet blog walking dan tiba-tiba nemu 'sesuatu'lah buat kalian-kalian yang takut utk putus cinta kemudian menyebabkan kegalauan yg akut dan akhirnya bunuh diri, tapi jangan sampe hal itu menimpa kalian, sayang loh hidup msh panjang, sayang kan, kawin aja belom masa mau bunuh diri ??

      Jadi gue pikir postingan gue kali ini dpt ngebantu kalian yg sdg mendalami perjalanan cinta kasih remaja. Kalo tiba-tiba ada yang nanya "ka lu udh prnah ngerasain dan ngelakuin apa yg ada dipostingan lu yg trakhir blum ??" mungkin bakal gue jawab, " pernah, tp itu wktu jaman jebot, tp skrg ga pernah, maklumlah skrg gue single dan 'skill' gue udh menurun, mungkin waktu gue buat ngegantungin harapan udh deket, jd gue serahin semuanya pd waktu, biar dia yang ngejawab semuanya "

      Setelah dpt referensi itu gue jd bisa menyimpulkan beberapa hal yang bisa merusak hubungan pasangan, baik itu yg msh pacaran, udh nikah ato bahkan yg udh puber kedua, yang udah mau nikah berkali kali maksud gue. Okelah tanpa banyak chit-chat lg let's check it out guys !

Berikut 10 hal yang bisa merusak hubungan sebuah pasangan versi gue dgn referensi dari pengalaman pribadi, sumber yang terpercaya, dan klien konsultasi gue :


1. Kebohongan
Kebohongan sudah menjadi hal yang tidak aneh bagi pasangan remaja labil, atau bahkan yang sudah beranjak dewasa seperti gue, tp sorry mungkin muke gue skrg memang kliatan tua, tp sebenernya msh 19thn kok :hehe:

Mereka cenderung melakukan bermacam-macam kebohongan dgn berbagai macam alasan, mulai dari dirinya yg merasa sdg sibuk sendiri dan gamau diganggu atau bahkan karena merasa bosan karena menjalani hubungan yang monoton.

Nah kalo udh mulai merasa kelewatan berbohongnya ato udh kepergok ngebohong cuma buat maen sama ayam kampus, dan jangan salah loh ayam kampus cowo jg ada !
pasti perkelahian tak dapat terelakkan, dan mungkin jg bisa menyebabkan putusnya hubungan kalian.

Untuk mengatasinya, cobalah salah satu pihak, terserah mau si cowonya ato si cewenya yang mulai untuk bertanya knp dia ngelakuin hal itu, jika kedua pihak saling terbuka dan mau menceritakan alasan knp dia berbuat begitu pasti lambat laun kalian bisa memutuskan sendiri apa solusi yang harus diambil agar kebohongan dapat dihilangkan atau minimal di minimalisir deh.

2. Ketidakpercayaan
Salah satu hal utama yang bisa membunuh hubungan kalian adalah kurangnya kepercayaan. Jika pasangan tak saling percaya, hubungan kalian tidak akan berjalan mulus.

Bayangkan apabila kamu selalu ditanya akan pergi kemana, sedang ada dimana, sedang bersama siapa dan banyak lg hal lainnya seperti sebuah lagu yang dinyanyikan Kanjen Bend, maka otomatis kamu pun akan bosan dgn hal itu ato bahkan emosi bisa tak tertahankan.

Jika kamu terus-menerus mencurigai pasanganmu, atau sebaliknya, hubungan akan mati perlahan. Cari tahu apa yang menyebabkan rasa tidak percaya di antara kalian. Berbicaralah dari hati ke hati untuk menyelesaikannya.
Dan perlu diingat jg bahwa kepercayaan adalah salah satu faktor penting penunjang perjalanan cinta kalian, so don't betray your girlfriend or boyfriend ! karena kepercayaan itu mahal harganya, sekali ternodai maka akan sulit untuk dibersihkan.

3. Lingkungan Sekitar
Nah kalo yang satu ini cukup berpengaruh untuk kalangan pelajar dan mahasiswa, tp tak jarang bahwa kalian yang sudah bekerja pun akan mengalaminya. Agak susah untuk menjelaskan masalah yang satu ini jika dimintai sebuah definisi, jd gue ngejelasinnya dengan contoh kasus aja deh.

Begini ceritanya.. *jengjeng !
Di sekolah ada sebuah pasangan yg msh anget anget tai kebo, terus si cowonya pasti bakal sering sering brangkat bareng, makan bareng, pulang bareng, ato bahkan ke wc pun bareng *ehh minta anterin maksudnya, nah suatu saat si cowonya maen bareng temen-temennya, dan ternyata ada diantara temen-temennya itu yang lbh menarik perhatian sang cowo, lalu dia pun jatuh hati padanya *sinetron banget yee :p*, kalo cewenya temen sekelas juga, waahh bisa perang dunia ke 194 tuh sepertinya.

nah itu contoh kasus yang bisa membuat hubungan sebuah pasangan itu retak begitu saja, apalagi sifat dasar cowo itu emang ga kuat kalo liat ada yg 'lebih' dari yg dia miliki, jarang ada cowo yg bisa puas dgn apa yg dia miliki skrg.

Oleh karena itu utk masalah yang satu ini alangkah baiknya dalam sebuah hubungan, baik dari pihak pria atau dari pihak wanita, harus lebih bisa menahan diri, saling menghargai hubungan satu sama lain, dan menjaga kepercayaan sang pacar, atau bahkan bila perlu bicaralah secara 4 mata tentang apa saja yg bisa jd pengganggu hubungan kalian yg datangnya dari lingkungan pergaulan atau lingkungan pekerjaan.

4. Stress
Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya stres dalam hubungan. Contohnya kegiatan hubungan yang selalu monoton dan tidak variatif sama sekali, tau lah artinya variatif disini kan ? oke yang gatau maka bisa dipastikan kalian jarang masuk dlm perlajaran B.Indonesia dulu !.
Dalam hubungan yang penuh stres, perpisahan akan mudah diwujudkan, karena salah satu pihak akan merasa putus asa dan tidak bergairah dlm menjalani hubungan tsb.

Temukan cara untuk melampiaskannya, bersama pasangan atau seorang diri, tapi alangkah lebih baik jika pihak pria sebisa mungkin jgn melampiaskannya seorang diri, tau kan knp alasannya ? oke kalo gatau balik lg ke SMP ato SMA ato ga sana belajar lg ttg BIOLOGI !!

Bila perlu, membuka pikiran pada orang lain akan mengurangi beban pikiran, curhat pada seseorang yang bisa kamu percaya juga dapat membuat rasa percaya diri kamu kembali dan kamu pun akan menemukan solusi atas stress yang menimpamu saat itu.

5. Menyimpan Dendam
Jangan pernah menyimpan dendam pada pasangan. Bila kamu atau si pacar menyimpan dendam satu sama lain, kalian akan sulit membangun masa depan bersama. Mungkin bagian ini terbilang jarang terjadi dlm sebuah hubungan tp pasti akan terjadi, meskipun cuma sekali.

Contohnya, suatu waktu kamu sdg bertengkar dgn pasanganmu dan dia bilang bahwa kamulah yg bersalah atas masalah yg menimpa kalian, tp sebenernya kalo diliat dr sudut pandang pihak ketiga *pihak yg netral nih yah ceritanya, bkn versi pihak ketiga yg jd pengganggu hubungan muda mudi*, ga ada yg hrs disalahkan dlm masalah itu karena yg trjadi hanya salam paham sepele.

Nah biasanya pihak yg disalahkan trpaksa hrs 'mengalah untuk menang', ngerti kan knp gt ? dan gimana ntar nya ? ga ngerti kan ? oke karena gue baik hati gue jelasin nih.

Mengapa dibilang 'mengalah untuk menang' ?
karena pihak yg disalahkan cenderung terpaksa menerima tuduhan itu padahal dia ga bersalah, hal itu bisa dipastikan karena dia emg merasa bersalah ato ga dia udh merasa bosan ato sudah muak akan pertengkaran yg gda habisnya, jd lbh baik ngalah aja, mungkin itu yg ada dipikiran pihak yg disalahkan, tapi dibalik itu jg trnyata dendam tumbuh juga dihatinya. Dan suatu saat bila ada pertengkaran lg yg ga jelas siapa yg salah, pasti pihak yg disalahkan dulu menyalahkan pihak yg menyalahkannya dulu dgn habis-habisan !

Yaa mungkin seperti itulah contoh mengapa dalam sebuah hubungan pun terdapat dendam, nah kalo utk masalah yg satu ini gue pernah ngalamin sendiri soalnya :p

Oke, untuk mengatasinya, kamu perlu berbicara mengenai alasan kamu menyimpan dendam. Jika kamu memerlukan pihak ketiga untuk membantu kamu, kenapa tidak ?
Dan perlu diingatkan jg 'mengalah untuk menang' itu ga baik, yang baik itu : 'mengalah karena gue sayang sama lo !' :)

6. Egoisme
Kebanyakan pasangan ga suka sama pasangannya karena sifatnya yg egois, tp itu wajar menurut gue, karena egois emg udh jd sifat manusia dari lahir, jd yaa mau gimana lg udah ga akan bisa diilangin kalo udh gt mah, tp bkn berarti gabisa dirubah :)

Untuk penyebab egoisme ini gue yakin kalian udh pada ngerti dan tau apa maksudnya dan seperti apa contoh masalahnya dilapangan, jd gue ga usah ngejelasin panjang lebar lg deh, lsg aja gue kasih solusinya.

Egois memang sudah mendarah daging bagi manusia, tp bukan berarti manusia hrs diperbudak oleh rasa egois itu. Egois memang kadang diperlukan dlm menjalani kehidupan, tp kita hrs bisa menentukan kpn kita hrs berlaku egois dan kpn tidaknya, egois disini mengacu kedalam hal yg positif tentunya. oleh karena itu sebisa mungkin kita hrs bisa meminimalisir rasa egoisme kita, menempatkannya pada saatnya tepat, dan yang terpenting jangalah terburu-buru untuk berpikir negatif.

7. Gengsi
Nah ini dia nih masalah yang paling susaaaah diilangin !!
Banyak contoh masalah yg bisa disebabkan karena masalah yang satu ini, mulai dari gengsi buat ngenalin pacar ke temen misalnya, karena takut pacarnya kalah cantik, ato kalah ganteng ato kalah tajir sama pacar temennya itu. Contoh lainnya, kalo ada masalah dia gengsi kalo hrs mengakui kesalahan dirinya sendiri, nah kalo ini sih mungkin kebanyakan dianut para cewe dan terpaksalah para cowo yg hrs mengakui dirinya bersalah padahal dirinya tidak bersalah sama sekali *nah ieu pengalaman urang euy !*

Untuk mengatasinya, misal gue ngambil solusi dr contoh diatas. Kalo lu gengsi ngenalin pacar karena takut berbagai hal sprti yg udh gue tulis diatas itu artinya elu kurang ajar ! kurang belajar Agama maksud gue, harusnya lu bersyukur akan apa yang udah lu punya skrg, karena belum tentu orang lain punya apa yg lu punya skrg, kalo lu gabisa bersyukur karena apa yg lu punya skrg beda sama yg org lain punya ato yang lu punya skrg masih banyak kurangnya, coba deh berpikir positif, bahwa 'ga ada orang yang sama dan ga ada juga orang yang sempurna didunia ini', karena belum tentu apa yg org lain punya bisa jadi apa yg udah lu punya skrg, percaya deh sama gue, bersyukur atas yg udh lu punya skrg itu indah :)

8. Kurang komunikasi
Pasangan yang jarang berkomunikasi akan sulit memahami sifat dan arti kehadiran satu sama lain, kalo udah jarang komunikasi gt psti pasangan tsb akan rentan terhadap pertengkaran. Kurangnya komunikasi dapat berakibat fatal dalam sebuah hubungan, perpisahan atau bahkan yang paling parah permusuhan.

Untuk mengatasinya ungkapkan ganjalan yang kamu rasakan. Mulailah dari hal kecil, hingga hal yang membutuhkan perhatian penting, karena tidak ada salahnya untuk selalu bersikap terbuka pada pasangan kita, tapi karena kebanyakan remaja atau bahkan orang tua jaman skrg itu lebih mementingkan sifat gengsinya sikap terbuka kepada pasangan bisa menjadi sangat jarang terjadi.

9. Selalu beda pendapat
Gue sadar kalo dalam suatu hubungan pasti selalu akan ada yg namanya beda pendapat, tp seharusnya hal itu bisa diminimalisir dengan sikap terbuka kita pada pasangan. Jangan selalu mempersalahkan hal kecil yg msh bisa ditolerir, karena kebanyakan wanita selalu sensitif pada hal yg seperti itu.

Jika kalian selalu berbeda pendapat hampir dalam segala hal. Hati-hati, Pertengkaran besar bermula dari pertengkaran-pertengkaran kecil. Luangkan waktu untuk diri sendiri dan berfikir dengan kepala dingin untuk melihat hubungan dengan perspektif positif dan jangan selalu berpikir negatif, karena satu pikiran negatif pasti akan melahirkan pikiran negatif lainnya. Dan kalo menurut gue "beda pendapat itu hal yang wajar, asal masih tertuju pada 1 tujuan"

10. Mantan kekasih
Nah ini masalah yang menurut gue simple tapi bisa mematikan !
Siapa sih yg ga pny mantan ? oke semua org pasti pny mantan, bagaimanapun bentuk dan wujudnya. Seorang mantan pasti akan mengingatkan kita kembali akan kenangan-kenangan jaman dulu waktu msh pacaran, baik itu yg seneng atau yg buruknya, tapi kita jg hrs menyadari bahwa itu adalah masa lalu, hubungan kalian saat ini cuma sebatas teman, itu jg kalo emg kalian dulu putusnya baik-baik, kalo ngga yaa bisa dipastikan akan hubungan kalian bkn teman lg, tapi yg paling parah malah menjadi musuh.

Kebanyakan pria lebih rentan akan masalah yang satu ini, karena pria takkan mudah melupakan mantan, itu jg kalo dia tipe pria yg positif tentunya. Pria cenderung mendatangi mantan kalo ada perlunya, seperti curhat atau minta "jatah mantan", nah utk yg satu itu anak kecil pasti ga akan pada tau HAHAHAHA !!!
Oke dgn adanya poin ini gue jd dpt inspirasi buat posting selanjutnya, ntar isinya tentang tipe-tipe mantan dan apa arti "jatah mantan" itu *sumpah gue ngakak pas tau artinya ini*

Jadi bukan berarti kamu ga bisa lagi bersahabat dengan mantan. Namun, lebih baik menjaga jarak dengan mantan kekasih agar tidak timbul kecurigaan. Ceritakan pada pasangan kamu saat ini, bahwa kamu dan mantan pernah memiliki hubungan dekat di masalalu. Beri pengertian pada pasangan, bahwa hubungan kamu dengannya telah berakhir.


Gue pikir cukup sekian deh postingan gue yang sekarang, mungkin terlalu panjang, ga bermanfaat ato ga menghibur sama sekali, tapi intinya bisa menjadi pelajaran bagi gue sendiri atau bahkan kalian yang udah nyempetin baca bualan gue ini :hehe:
dan satu lagi ! gara-gara si @misskreuteukkk jd ini cewe yg nemenin gue malam ini :cheers:



Im Jin Ah (Nana) - The sub Vocalist of After School





thank you for reading !
~ oyasumiii minnaaa ~


Penulis : rakazaaam ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel A Little Sketch about Love I ini dipublish oleh rakazaaam pada hari Sabtu, 07 April 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan A Little Sketch about Love I
 

0 comments:

Posting Komentar